candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MACROMEDIA DALAM PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD

kurniawan adi

Abstract


Abstract:the use of macromedia in approaching science technology society (STM) to improve fourth grade science  learning. The purpose  of this study was to show the success of the usefull macromedia Science Teaching Society (STM) to imprve science teaching  for fourth  grade elementary school. This research is clasroom action research and conducted three cycles consisting of planning, execution, observation, and reflection. The technique of data collecting was observation, test, and  interview. The visidity of  data using triangulation method. The results showed that through the use of Macromedia Science Technology Society approach can enhance science learning Elementary School fourth grade students 6 Panjer. In addition to increasing the learning process, student learning outcomes of each cycle also increased. Students at the pre-action mastery 19,44%, first cycle 41,66%, second cycle 61,11%, and the third cycle 88,99%.

Conclusions This study is the use of Macromedia in Science Technology Society approach can enhance science learning Elementary School fourth grade students 6 Panjer.

Keyword: Macromedia, STM, Improving Learning, Science.

Abstrak: Penggunaan Macromedia dalam Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk peningkatan pembelajaran IPA kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan keberhasilan penggunaan Macromedia dalam Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat untuk peningkatan pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan sebanyak tiga siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, tes, dan wawancara. Validitas data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mengalami kenaikan. Ketuntasan yang dicapai pada pratindakan 19,44%, Silus I 41,66%, Siklus II 61,11%,  dan Siklus III 88,99%.

Simpulan penelitian ini adalah penggunaan Macromedia dalam pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 6 Panjer

 

Kata Kunci: Macromedia, STM, Peningkatan Pembelajaran, IPA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.