candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V A SDN KALIJOSO SECANG MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013

diliana evackarta

Abstract


ABSTRAK

 

Diliana Anggar Evackarta. PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V A SDN KALIJOSO SECANG MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2013.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dan kualitas proses pembelajaran menggunakan media visual pada siswa kelas V A SD Negeri Kalijoso.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V A yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Sumber data dari guru dan siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi ,tes, dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang.

Berdasarkan hasil peneltian tersebut dapat disimpulkan bahwa yang pertama, ada peningkatan hasil keterampilan menulis puisi menggunakan media visual. Hal ini dibuktikan pada kondisi awal nilai rata-rata 65,8 atau 57,69%. Siklus I meningkat nilai rata-rata 67,6 atau 73,08%. Siklus II meningkat nilai rata-rata menjadi 75,04 atau 100%. Kedua, peningkatan kualitas proses pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan pada siklus I kualitas proses pembelajaran mencapai 85,68%, sedangkan pada siklus II mencapai 87,15 %. Dengan demikian media visual dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V A SDN Kalijoso Tahun Ajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: media visual, keterampilan menulis puisi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

Diliana Anggar Evackarta. THE USE OF VISUAL MEDIA TO IMPROVE POEM WRITING ABILITY IN THE FIFTH A GRADE STUDENT OF SDN KALIJOSO SECANG MAGELANG YEAR 2012 / 2013. A Thesis, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University of Surakarta, April 2013

The purpose of this research to improve the skill ang quality learning process of writing poem through visual media in the fifth A grade students of SDN Kalijoso.

This research was classroom action research. This study consist of two cycles in which each cycles consist of planning, action, observation, and reflection. The subjects were the teacher and 26 student of V grade, consisting of 13 male students and 11 female students. The source data from students and teacher. The data in this study were collected through obsevation, interview, tests, and documentation. The procedur of research consist of four series of activities in the continued cycles.

Based on the result of study, it can be concluded that, first, there was an improvement in the skills of writing poem through visual media. It can be seen from the result of the pre test with average score 65,8 or finally 57,69%. It then increased with the average score 67,6 or finally 73,08 % in the cycle I. And then the cycle II with average 75,04 or finally 100%. Second, the improvement of quality learning process. It can be seen from result in cycle I with score 85,68%, the increased to 87,15% in cycle II. Therefore, it can be inferred that visual media can be used to improve the skills of writing poems in the fifth A grade student of SDN Kalijoso Years 2012/2013.

Key word: visual media, the poem writing ability.

 

 

 

 

 

 

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.