candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT DENGAN AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SDN KARANGGEDE TAHUN AJARAN 2012/2013

Hana Hani

Abstract


ABSTRAK

Fitria Rakhmawati. PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT DENGAN AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SDN KARANGGEDE TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2013.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas IV SDN Karanggede tahun ajaran 2012/2013; (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa melalui penggunaan media kartu huruf siswa kelas IV SDN Karanggede tahun ajaran 2012/2013, dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi pada penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas IV SDN Karanggede tahun ajaran 2012/2013.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Karanggede tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 13 laki-laki dan 10 perempuan. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang dipergunakan dalan penelitian tindakan kelas ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media kartu huruf yang dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas IV SDN Karanggede, dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) pembagian media kartu huruf kepada siswa; b) menunjukkan media kartu huruf; c) merangkai media kartu huruf menjadi kalimat; dan d) pemberian penghargaan. (2) Adanya peningkatan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa melalui pengunaan media kartu huruf siswa kelas IV SDN Karanggede. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas adalah 81,8%, Siklus II menjadi 84,5%, dan siklus III menjadi 87%. (3) Kendala penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas IV SDN Karanggede adalah media kartu huruf belum dipersiapkan dengan teliti dan masih satu paket serta keanekaragaman bentuk aksara Jawa dan pasangannya menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami setiap bentuknya. Hal ini berdampak kurang lancarnya beberapa siswa dalam merangkai. Sedangkan solusinya adalah mempersiapkan media kartu huruf dengan teliti dan membuat media tersebut sebanyak dua paket serta memperbanyak latihan soal kepada siswa supaya siswa terbiasa dan mampu memahami setiap bentuk aksara Jawa.

Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas IV SDN Karanggede tahun ajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: Media kartu huruf, Keterampilan Menulis, Aksara Jawa

ABSTRACT

Fitria Rakhmawati. MEDIA CARD USE CAPITAL LETTERS IN SENTENCE WITH WRITING SKILLS ENHANCEMENT AKSARA JAVA CLASS IV SDN Karanggede ACADEMIC YEAR 2012/2013. Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education. Surakarta University of March, April 2013.
The purpose of this study was (1) to describe the media use the letter cards in improving sentence writing skills with Java script Karanggede Elementary School fourth grade students of the school year 2012/2013, (2) to determine the increase in sentence writing skills through the use of Java script font card media students SDN Karanggede fourth grade school year 2012/2013, and (3) to describe the challenges and solutions in the use of media card in the letter writing skills enhancement sentence with Java script Karanggede Elementary School fourth grade students of the school year 2012/2013.

This research is a classroom action research (CAR). This study was conducted in 3 cycles consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects were all fourth grade students at SDN Karanggede academic year 2012/2013, amounting to 23 students, consisting of 13 men and 10 women. Source data came from students, peers, and documents. Techniques of data collection is through observation, interviews, and tests. The validity of the source data using triangulation techniques. Role in the data analysis used classroom action research is the analysis of quantitative and qualitative data.

The results showed that: (1) use of media cards that can improve the skills of letter writing sentences with Java script Karanggede Elementary School fourth grade students, implemented with the following steps: a) the distribution of the letter to the student media card, b) indicates media card letters c) media card stringing letters into sentences, and d) the award. (2) An increase in the sentence writing skills through the use of Java script font media card Karanggede Elementary School fourth grade students. In the first cycle, the number of students who pass is 81.8%, Cycle II to 84.5%, and the third cycle to 87%. (3) Constraints in the use of media cards increase letter writing skills with Java script sentence fourth grade students of SDN Karanggede media card is not yet prepared letters carefully and still the package as well as the diversity of form and his partner Javanese cause students difficulties in understanding each form. This affected some students' lack of smoothness in the stringing. While the solution is to prepare the media card with the letter carefully and make the media as much as two packs and increase exercises to students so that students get used to and be able to understand any form of Java script.

Conclusion of this study is the use of media cards can increase the skill of writing letters to the sentence Javanese Karanggede Elementary School fourth grade students of the school year 2012/2013.


Keywords: Media card letters, Writing Skills, Java script


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.