candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL MIND MAP DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD

Undung Suci R

Abstract


Abstract: The application of the Mind Map Models in Improving Social Studies Learning on Fourth Grade Elementary School. The purposes of this research was to describe the application of Mind Map model, and to describe the application of Mind Map model in increasing Social Studies can improving the learning outcomes on fourth grade state elementary school. The experiment was conducted in three cycles. Subjects were elementary school students in fourth grade of Kalirancang 1 totaling 20 students. The source data came from teachers, students, and documents. Data collection techniques is the observation, questionnaires and tests. The validity of the data using the technique of data triangulation. Analysis of the data used by this research in kuantitatif and kualitatif data analysis. Learning result points out that Purpose Mind Map Models, can increase process and Social Studi studying result at brazes IV.

Keywords: models Mind Map, learning, Social Studies.

 

Abstrak: Penggunaan Model Mind Map dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan model Mind Map, dan untuk mengetahui penggunaan model Mind Map dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalirancang yang berjumlah 20 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa Penggunaan Model Mind Map dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPS di kelas IV.

Kata Kunci: Model Mind Map, pembelajaran, IPS.


Full Text:

PDF () PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.