candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI MADYOGONDO 3 TAHUN AJARAN 2012/2013

Didik Muhamad Akbar

Abstract


Abstrak: Penerapan pendekatan kontekstual dalam upaya peningkatan hasil belajar pkn siswa kelas IV SD Negeri Madyogondo 3 tahun ajaran 2012/2013. Agar pembelajaran PKn lebih baik, guru menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan. Pemilihan pendekatan pembelajaran merupakan alternatif yang ditempuh. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran PKn di Kelas IV, dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn menggunakan pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran PKn di Kelas IV. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, prosentase ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 63 %. Dari data tersebut menunjukan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV.

Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, PKn, Hasil Belajar.

Abstract: The application of a contextual approach in improving learning outcomes PKN Elementary School fourth grade students teaching Madyogondo 3 years 2012/2013. The purpose of this study were: (1) describe the application of contextual approach in teaching Civics in Grade IV, and (2) describe an increase in civic education learning outcomes using contextual approach in teaching Civics in Grade IV. This study uses classroom action research techniques that consist of two cycles, percentage of mastery learning students increased by 63 %. From these data showed  that the use of a contextual approach to improve learning outcomes Civics fourth grade students..

Keywords: contextual approach,Civic Education, learning outcomes.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.