candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARDS DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Mari Zubaedah

Abstract


Abstract: The Using of Flashcards Media in English Student Learning Outcomes Improved Fifth Grade Students Of Elementary School. The purposes of this research was (1) to describe the steps in the implementation of flashcards media in English student learning outcomes improved fifth grade elementary school, (2) identify obstacles and solutions in the application of flashcards media in learning English in the fifth grade of elementary school. This research is a class room action research (CAR). The experiment was conducted in three cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The results show that: (1) the using of learning steps flashcards media can be run according to the scenario, (2) the using of flashcards media can improve learning outcomes English  fifth grade elementary school students. In the pre-action mastery percentage reached 6% of students, having performed the action in the first cycle of students completeness percentage increased to 91%, in the second cycle decreased to 88% and the third cycle increased to 97%.

 

Keywords: flashcards media, learning outcomes, English

Abstrak: Penggunaan Media Flashcards dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan langkah-langkah media Flashcards dalam peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V sekolah dasar, (2) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penggunaan media Flashcards dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) penggunaan langkah-langkah pembelajaran media Flashcards dapat berjalan sesuai skenario, (2) penggunaan media Flashcards dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V sekolah dasar. Pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa  mencapai 6%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 91%, pada siklus II menurun menjadi 88% dan siklus III meningkat kembali menjadi 97%.

Kata Kunci: media Flashcards, hasil belajar, Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.