candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BAGI SISWA KELAS II SD

widi kurnianti

Abstract


ABSTRAK.PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BAGI SISWA KELAS II SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas II SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD yang berjumlah. Data penelitian ini berupa data mengenai hasil belajar siswa yang diambil dengan menggunakan tes evaluasi pada setiap akhir siklus, dan mengenai kinerja guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran diambil dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah data yang berupa data kuantitatif (berupa nilai). Sedangkan data yang berupa data kualitatif hasil pengamatan menggunakan analisis diskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  penggunaan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal tersebut terbukti pada nilai rata-rata kelas yang pada tes awal hanya 55,4 menjadi 73,8 pada siklus pertama dan pada siklus kedua menjadi 86,9.

Kata kunci: Quantum Teaching, hasil belajar, IPA

 

 

ABSTRACT.THE USED OF QUANTUM TEACHING METHODE TO IMPROVE THE RESULTS OF STUDENTS IPA’S LEARNING THE SECOND GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL. The purpose of this study is to improve the results of second grade student. This study used action research methods class. The subject of this research are second grade student. This research data is data about student learning outcomes, and on the performance of teachers and students in learning activities. The analysis technique used is the data in the form of quantitative data (a value). While the data in the form of qualitative data observations using qualitative descriptive analysis based on the observation and reflection of each cycle. Based on the results of this study concluded that the used of Quantum Teaching methods can improve student outcomes learning. This is evident in the average classroom at the beginning of the test is only 55,4 to 73,8 in the first cycle and second cycle to be 86,9.

Key word: Quantum Teaching, learning outcomes, science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.