candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PERKALIAN BILANGAN CACAH KELAS II SD

sri harningsih

Abstract


Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Peningkatan Pembelajaran Perkalian Bilangan Cacah  Kelas II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran CTL dalam peningkatan pembelajaran perkalian bilangan cacah siswa kelas II SD Negeri 4 Tamanwinangun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas II SD Negeri 4 Tamanwinangun sebanyak 27 siswa. Metode pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunanaan model pembelajaran CTL sesuai langkah dan karakternya dapat meningkatkan pembelajaran perkalian bilangan cacah siswa kelas II SD Negeri 4 Tamanwinangun.

 

Kata-kata kunci : Model, Pembelajaran, CTL, Perkalian Bilangan Cacah.

 

Abstract: The Using Of Contextual Teaching And Learning Model in Improving Of Learning Multiplication Whole Numbers Class II. The aims of this research are to describe the steps on the using CTL model in improving of learning multiplication whole numbers student class II elementary school of state 4 Tamanwinangun. This research is Classroom Action Research by using cycle method and each cycle consisted of the planning, acting, observing, and reflecting. The research subject were students class II elementary school of state 4 Tamanwinangun many as 27 students. To collect data using tests, interviews, observations, and documentation. The data analize was consisted of data reduction, representation, and reflection. The results showed that the using CTL model the appropriate steps and the character to improve learning multiplication of whole number students class II elementary school of state 4 Tamanwinangun.

Key words: Model, Learning, CTL, Multiplication of Whole Number.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.