candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN SISWA KELAS IV SD

eka safitri

Abstract


Abstract: The Using of Approach Realistics Mathematics Education (RME) in Increasing Mathematics Learning about Fractions the Class IV Grade Students Elementary School. The purpose of this research to describe the steps using of approach RME, to know increasing mathematics learning about fractions the class IV grade students elementary school and to find problems with solutions the using of approach RME. The subjects were elementary school students in class IV grade state Gunungmujil with total 26 students. Research carried out in three cycles with every cycle consist for planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques are tests, observation, and documentation. The validity of data using triangulation method. Analysis of the data used by the qualitative and quantitative analysis. The result showed that the using of approach RME appropriate with steps can to increase mathematics learning about fractions the class IV grade students elementary school.

Keywords: PMR, Mathematics Learning, Fractions

Abstrak: Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan pendekatan PMR, mengetahui peningkatan pembelajaran matematika tentang pecahan siswa kelas IV SD dan untuk menemukan kendala serta solusi dari penggunaan pendekatan PMR. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gunungmujil sejumlah 26 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan metode triangulasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan PMR yang sesuai dengan langkah-langkah dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan siswa kelas IV SD.

 

Kata kunci: PMR, Pembelajaran Matematika, Pecahan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.