candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

NOVA SILVIANI NURYANTI

Abstract


Abstract: Application Of Cooperative Models STAD Type In Increase Fraction Learning In Fourth Grade Elementary School. This study aimed describe (1) describe the steps  of cooperative models  STAD type increase fraction learning in fourth grade students elementary school, (2) identify constraints and solutions in aplication of cooperative STAD type in fourth grade students elementary school. This study is a collaborative class classroom action research conducted in trhree cycles, each cycles consists of planning, acting, observing, reflecting. The result showed that (1) applied of cooperative models STAD type can be run according to the skenario, (2) the application of cooperative models STAD type can to incrase fraction learning in fourth grade students elementary school. In pre-action mastery percentage is 41,67%, after action performed in first cycle percentage increased to 87,5%, in second cycle percentage  to 83,3% and in third cycle  increased to 95,83%.

Keywords: cooperative STAD type, fraction learning

Abstrak: Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Peningkatan Pembelajaran Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan langkah-langkah model kooperatif tipe STAD dalam peningkatan pembelajaran bilangan pecahan siswa kelas IV sekolah dasar, (2) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penerapan model kooperatif tipe STAD dalam peningkatan pembelajaran bilangan pecahan siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) penerapan langkah-langkah pembelajaran STAD dapat berjalan sesuai skenario, (2) penerapan model STAD dapat meningkatkan pembelajaran bilangan pecahan siswa kelas IV sekolah dasar. Pada pratindakan persentase ketuntasan siswa mencapai 41,67%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan meningkat menjadi 87,5%, pada siklus II menjadi 83,3% dan siklus III meningkat kembali menjadi 95,83%.

Kata Kunci: kooperatif tipe STAD, Pembelajaran, Bilangan Pecahan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.