candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS V SD NEGERI KEMBANGJITENGAN 2 KABUPATEN SLEMAN

Sofiyah Asrori

Abstract


PENERAPAN QUANTUM  LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI  KELAS V  SD NEGERI KEMBANGJITENGAN 2 KABUPATEN SLEMAN. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Negeri Kembangjitengan 2 Kabupaten Sleman dengan menerapkan Quantum Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kembangjitengan 2 Kabupaten Sleman yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode triangulasi data. Dengan instrumen lembar observasi dan panduan wawancara guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriftif kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Peningkatan ini ditunjukkan oleh adanya peningkatan skor aktivitas belajar antara pra tindakan yaitu 32,96 menjadi 54,33 pada tindakan II dengan peningkatan sebesar 21,63 dan peningkatan prosentase sebesar 41,75%.

Kata kunci: Quantum Learning, aktivitas belajar, pelajaran PKn

 

IMPLEMENTATION OF QUANTUM LEARNING ACTIVITIES FOR IMPROVING STUDENT LEARNING AT THE CIVICS EDUCATION ON THE FIFTH GRADE STUDENT OF SDN KEMBANGJITENGAN 2 DISTRICT OF SLEMAN. The purpose of this research is to improve students' learning activities in Civics subject in fifth grade students of SDN Kembangjitengan 2 district of Sleman by implementing Quantum Learning. This research is a classroom action research. This research is a classroom action research. The experiment was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. Subjects were fifth grade students of SDN Kembangjitengan 2 district of Sleman totaling 24 students. Techniques of collecting data used in this research is a method of triangulation data. With the observation sheet instruments and interview guides teachers and students. The data analysis technique used is descriptive qualitative percentage. The results showed that through the implementation of Quantum Learning can improve student learning activities on the subjects of Civics. This increase is shown by an increase in scores between the pre-action learning activities that is 32.96 becomes 54.33 in the second act with an increase of 21.63 and the percentage an increase of 41.75%.

Keywords: Quantum Learning, learning activities, Civics


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.