candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Renggo Mulyani

Abstract


Abstrak: Peningkatan Pembelajaran IPA melalui Metode Investigasi Kelompok pada Siswa Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode Investigasi Kelompok dalam peningkatan pembelajaran IPA di kelas V. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 1 Pancurendang sejumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus tiga pertemuan. Hasilnya menunjukan bahwa penggunaan metode Investigasi Kelompok, dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA di kelas V. Pemilihan metode yang tepat merupakan alternatif yang dapat ditempuh.

Kata Kunci: Investigasi Kelompok, Pembelajaran, IPA.

 

Abstract: The Improving Science Learning by Using Group investigation Method in V Grade State Elementary School. The purpose of this research was to describe of Group investigation Method in improving the process and learning result os science studies V grade. This research uses classroom action research techniques. The subjects were elementary school students in V grade state 1 Pancurendang with total 36 students. Data collection techniques using observation, interviews, and test. Data analysis using qualitative analysis data technique. The validation of data is using triangulation technique. Actions observational procedure braze as planning, acting, observing, and reflecting. Action performing is performed in three cycles, each cycle three appointments. The results showed that the use of Group investigation Method, can improve the process and learning result Science Learning in V grade student. Selection of the appropriate method is an alternative that can be taken.

 

Keyword: Group Investigation, Learning, Science.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.