candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK SIMAK ULANG UCAP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI BANJARHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

istiatuti istiatuti

Abstract


PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK SIMAK ULANG UCAP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI BANJARHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah- langkah penerapan pendekatan kontekstual dengan teknik simak ulang ucap dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Banjarharjo tahun pelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 14 siswa terdiri atas 11 laki- laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi instrument. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasilnya menunjukkan bahwa langkah penerapan pendekatan kontekstual dengan teknik simak ulang ucap dengan menerapkan strategi konstruktif, menemukan, bertanya, pemodelan, masyarakat belajar, penilaian otentik, dan refleksi dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris di SD Negeri Banjarharjo tahun pelajaran 2011/ 2012.

Kata kunci: kontekstual, teknik simak ulang ucap, hasil belajar

 

IMPLEMENTATION OF A CONTEXTUAL APPROACH BY RE-SAID TECNIQUE IN IMPROVING ENGLISH LANGUAGE LEARNING RESULT ON THE FOURTH GRADE STUDENT OF SD NEGERI BANJARHARJO IN 2011/2012 ACADEMIC YEAR. The objective of  this research is to describe the steps of English learning with the implementation of a contextual approach using see re-said technique in improving English language learning result. This research applies a classroom action research which is done on two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The subject of the research are the fourth grade students of SD Negeri Banjarharjo in 2011/ 2012 academic year, consisting of 14 student, 11 boys and 3 girls. To collect the data the writer uses observation, evaluation, and documentatioan. The data validation uses triangulation method technique. In analyzing the data are kuantitatif and kualitatif analyzes. The procedure of the research is an related spiral model. The result shows that the steps of a contextual approach using re-said applying constructive strategy, finding out, asking, modeling, learning society, authentic assessment, and reflection can improve the result of English language learning on the fourth grade of SD Negeri Banjarharjo in academic year 2011/ 2012.

Keywords: contextual, see re-said, result learning English


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.