candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PULIHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Wiwit Yuliana Dewi, Wahyudi Wahyudi, Ngatman Ngatman

Abstract


Abstract : The Use Of Quantum Teaching Learning Model Using Concrete Media In Improving The Learning Of Mathematics About Fraction For Fourth Grade Students Of SD Negeri 1 Puliharjo In The Academic Year Of 2016/2017. The objectives of this research are to improve the learning of mathematics about fraction through the use of quantum teaching learning model using concrete media. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles: two meetings. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 25 students of the fourth grade of SD Negeri 1 Puliharjo. The results of this research show that the use of quantum teaching learning model using concrete media can improve the learning of mathematics about fraction for fourth grade students of SD Negeri 1 Puliharjo in the academic year of 2016/2017.

 

Keywords: Quantum Teaching, Concrete Media, Mathematics

 

Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media Konkret dalam  Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media konkret pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017 berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci: Quantum Teaching, Media Konkret, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.