candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL SCRAMBLE DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG KOPERASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGKEMIRI 01 TAHUN AJARAN 2016/2017

Annis Fathimatus Sholihah, Suripto Suripto, Tri Saptuti Susiani

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Scramble dengan Media Flashcard dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Koperasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangkemiri 01 Tahun Ajaran 2016/2017.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang koperasi pada siswa kelas IV SD Negeri Karangkemiri 01 melalui penerapan model Scramble dengan media flashcard. Penelitian ini merupakan PTK kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Karangkemiri 01 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data mengggunakan teknik tes dan nontes (observasi dan wawancara). Validasi data yang digunakan, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Scramble dengan media flashcard dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang koperasi pada siswa kelas IV SD Negeri Karangkemiri 01 tahun ajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: IPS, scramble, flashcard


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.