candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI MODELPEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALIBAGOR TAHUN AJARAN 2015/2016

Hasan Arwanto

Abstract


Abstrak: Implementasi Model Pembelajaran ASSURE Terhadap Peningkatan Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kalibagor Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesiamelalui penerapan model ASSURE pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalibagor Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus. Sumber data berasal dari peneliti, observer, guru,  dan siswa. Hasil penelitian pada siklus I 57% siswa mencapai KKM, siklus II meningkat menjadi 73% dan siklus III meningkat menjadi 96%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model ASSURE yang dilaksanakan dengan langkah-langkah yang benar dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kaliagor tahun ajaran 2015/2015.

 

Kata Kunci: model ASSURE, pembelajaran, IPS

Abstract: Implementation of Learning Model of ASSURE on Improving IPS Learning in Grade V Elementary School Students 1 Kalibagor Year 2013/2014. The purpose of this study is to improve the lesson of IPS on Rewarding Services and the Role of Struggle Struggle in Proclaiming Indonesian Independence through the implementation of ASSURE model on the students of grade V of SD Negeri 1 Kalibagor of the academic year 2015/2016. This study is a collaborative action study (PTK). The study was conducted for three cycles. Sources of data come from researchers, observers, teachers, and students. The result of the research in the first cycle of 57% of students reached KKM, cycle II increased to 73% and the third cycle increased to 96%. The conclusion of this research is the application of ASSURE model implemented with the correct steps can improve the social studies learning in grade V SD Negeri 1 Kaliagor academic year 2015/2015.

Keywords: ASSURE model, learning, IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.