candi borobudur kerajaan di indonesia

Analisis Unsur-Unsur Pembangun Cerita Cekak yang Dimuat Solopos Edisi Oktober 2021 dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Teks Cerita Cekak di SMA Kelas X

Yuniati Chasanah

Abstract


Penelitian ini mengkaji unsur-unsur pembangun, yaitu menfokuskan unsur-unsur intrinsik cerita cekak yang dimuat Solopos edisi OKTOBER 2021 . Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik teks cerkak yang dimuat Solopos edisi bulan OKTOBER 2021  dan (2) mendeskripsikan relevansi cerita cekak tersebut sebagai materi pembelajaran apresiasi teks cerkak di SMA. Bentuk penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen dan informan. Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik studi pustaka dan teknik analisis isi. Cerkak yang akan dikaji, yaitu cerkak “Tangise Bapak, “Piwulang Urip”, “Pit Lempit”, “Capjiki”, dan “Pedhut ing Mripatmu”. Hasil penelitian ini, yaitu (1) analisis unsur-unsur intrinsik kelima cerkak tersebut meliputi, penokohan; plot; latar; sudut pandang; tema; dan amanat. Analisis penokohan terdapat tiga jenis tokoh, yaitu: protagonis; antagonis; dan tritagonis. Jenis plot yang digunakan 4 cerkak menggunakan alur maju, yaitu cerkak  “Tangise Bapak, “Piwulang Urip”, “Pit Lempit”, “Capjiki” dan 1 cerkak menggunakan alur mundur, yaitu “Pedut ing Mripatmu”. Latar yang dikaji, meliputi: latar tempat; waktu; dan sosial. Sudut pandang yang digunakan 3 cerkak menggunakan sudut pandang pengarang sebagai orang pertama, yaitu cerkak “Tangise Bapak”, “Pit Lempit”, “Capjiki” dan 2 cerkak menggunakan sudut pandang pengarang serba tahu, yaitu cerkak “Piwulang Urip” dan “Pedhut ing Mripatmu”. Tema yang di angkat pada umumnya menceritakan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Amanat pada kelima cerkak tersebut menunjukkan antara sifat baik dan buruk serta akibatnya. Keterjalinan antar unsur intrinsik tersebut dapat menjadikan sebuah cerita menjadi suatu kebulatan yang utuh, hidup, dan menarik; (2) Berdasarkan hasil analisis unsur-unsur intrinsik dilakukan analisis yang mengacu pada kurikulum yang terkait dengan apresiasi teks cerkak maka dapat disimpulkan bahwa cerkak yang dimuat Solopos edisi OKTOBER 2021   dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran apresiasi teks cerkak pada siswa SMA karena sesuai dengan penguasaan keterampilan berbahasa, perkembangan psikologi, dan latar belakang budaya siswa serta Kompetensi Dasar (KD) pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Jawa.


Keywords


unsur-unsur intrinsik, teks cerkak, pembelajaran cerkak, bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2004). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Huda, Khoirul Ulul. (2013). “Kumpulan Cerkak Katresnan Rinonce Karya M. Adi Kajian Struktural”. Skripsi tidak dipublikasikan, Fakultas Bahasa dan Seni: Universitas Negeri Semarang.

Hurlock. Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kosasih, E. (2003). Kompetensi Kebahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Liu, Yujun. (2009). “The Significance of Structure in Analyzing Short Stories”. Jurnal Penelitian Asian Social Science, Vol. 5, No. 8. Diperoleh 15 Desember 2014, dari www.ccsenet.org/journal.html.

Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahmanto. B. (2005). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Rampan, Korrie Layun. (1995). Dasar-dasar Penulisan Cerita Pendek. Flores: Nusa Indah.

Sangidu. (2013). “Analisis Struktural Cerita Pendek Ash – Shabiyyul – Araj”. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 6. Diperoleh 28 OKTOBER 2021 , dari http://journal.ugm.ac.id/index.php/jurnal-humaniora/article/view/1869.

Stanton, Robert. (2012). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suroto. (1990). Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia untuk SMA. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, Henry Guntur. (1993). Prinsip – prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. (1994). Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Waluyo, Herman J. & Fuady, Amir. (2000). Teori Sastra. Surakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1.13117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649