candi borobudur kerajaan di indonesia

Nilai Pendidikan dalam Penokohan Novel Ombak Sandyakalaning

Lukman Affandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur instrinsik, nilai pendidikan pada novel Ombak Sandyakalaning karya Tamsir A.S dan kesesuaiannya sebaai materi pembelajaran apresiai novel bagi siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, kajian struktural meliputi tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, tema dan amanat. Kedua, nilai pendidikan dalam novel Ombak Sandyakalaning meliputi: a) nilai pendidikan adat/budaya; b) nilai pendidikan sosial yang disampaikan pada umumnya mengajarkan tentang kebutuhan hidup bersama, seperti kasih sayang, tolong menolong, kepercayaan, pengakuan dan penghargaan; c) nilai pendidikan moral meiputi penggambaran karakter pemaaf, sopan santun, berterimakasih; dan d) nilai pendidikan agama meliputi sifat tokoh yang mengajarkan cara mensyukuri nikmat dengan cara berdoa dalam segala aktivitas dan mengajarkan tentang penghargaan dan penghormatan kedapa agama. Nilai pendidikan tersebut mengandung pendidikan tersebut mengandung pendidikan karakter yang perlu ditanamkan kepada siswa sejak dini. Ketiga, berdasarkan hasil analisis struktural dan nilai pendidikan, dilakukan analisis kurikulum dengan pembelajaran novel dan sintesis sumber data dengan informan sehingga dapat disimpulkan bahwa novel Ombak Sandyakalaning dapat digunakan sebagai materi pembelajaran novel pada siswa SMA karena sesuai dengan kurikulum dan tingkat perkembangan siswa.


Keywords


novel Ombak Sandyakalaning, struktural, nilai pendidikan, materi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2004). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMA. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Imron Al-Ma’ruf, Ali. (2010). Kajian Stilistika Perspektif Kritik Holistik. Surakarta: UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Mardiatmadja. (1986). Tantangan Dunia Pendidikan. Yogyakarta:

Kanisius. Pidarta, Made. (2009). Landasan Kependidikan (Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak

Indonesia). Jakarta: Rineka Cipta.

Ratna, Nyoman Kutha. (2014). Peranan Karya Sastra, Seni dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Renne Wellek dan Ausrin Warren. (1990). Teori Kesusastraan.

Jakarta: Gramedia Sayuti

Suminto. (2000). Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Setiadi, Elly M, dkk. (2013). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Predana Group.

Stanton, Robert. (2012). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Vembriarto. (1981). Pendidikan Sosial. Yogyakarta: Paramita.

Zaidan, Abdul Rozak, dkk. (2007). Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.

Zuchdi, Darmiyati. (2012). Pendidikan Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1.13108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649