candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ARIAS TERINTEGRASI DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING TOURNAMENT PADA SISWA KELAS X AK 2 SMK N 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Lisa Hermawati, Sukirman -, Elvia Ivada

Abstract


ABSTRAK 

            Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan keaktifan belajar pada siswa kelas X AK 2 SMK N 3 Surakarta tahun ajaran 2013/ 2014; dan (2) Meningkatkan hasil belajar akuntasi siswa kelas X AK 2 SMK N 3 Surakarta tahun ajaran 2013/ 2014 dengan menggunakan strategi pembelajaran ARIAS terintegrasi dengan pembelajaran aktif learning tournament.

            Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas X AK 2 SMK N 3 Surakarta tahun ajaran 2013/ 2014 yang terdiri dari 31 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian berasal dari guru, siswa, aktivitas pembelajaran, dan hasil tes siswa. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi sedangkan validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan penyidik. Analisis data manggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

            Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ARIAS terintegrasi dengan pembelajaran aktif learning tournament dapat meningkatkan: (1) Keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan presentase keaktifan belajar siswa yang mengalami kenaikan dari pra tindakan sampai siklus ke II, pada siklus I keaktifan mengalami kenaikan sebesar 14%, yaitu dari 50% menjadi 64%, pada siklus II keaktifan juga mengalami kenaikan sebesar 19%, yaitu dari 64% menjadi 83%; (2) Hasil belajar siswa untuk setiap kompetensi juga mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus II, untuk kompetensi sikap mengalami kenaikan dari 84% menjadi 90% pada siklus I dan naik lagi menjadi 97% pada siklus II; untuk kompetensi pengetahuan mengalami kenaikan dari 84% menjadi 94% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II; kompetensi keterampilan juga mengalami kenaikan setiap siklusnya, yaitu dari 42% naik menjadi 61% pada siklus I dan menjadi 94% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ARIAS terintegrasi dengan pembelajaran aktif learning tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 2 SMK N 3 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. 

Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, ARIAS, Learning Tournament

 

ABSTRACT

            The objectives of this research are to improve: (1) the learning activeness of the students in Grade X of Accounting 2 of State Vocational High School 3 of Surakarta in Academic Year 2013/2014; and (2) the learning result in Accounting of the students in Grade X of Accounting 2 of State Vocational High School 3 of Surakarta in Academic Year 2013/2014 with the Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) learning strategy integrated with the active learning of learning tournament. 

            This research used the classroom action research with two cycles. Each cycle consisted of four phases, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the research were the students as many 31 in Grade X of Accounting 2 of State Vocational High School 3 of Surakarta in Academic Year 2013/2014. The data of the research were gathered through in-depth interview, observation, test, and documentation. The data sources of the research were teacher, students, learning activities and other documents required. The instrument were validited by using content validity and data were validated by using the method triangulation technique and investigator. They were then analyzed by using the quantitative and qualitative data analyses.

            The results of the research are as follows: 1) The learning activeness of students during the learning process improves as indicated by the increasing percentage of the students with the required learning activeness prior to and following the treatment. Prior to the treatment the number of the students with the required learning activeness is 50%. Following the treatment, it becomes 64% in Cycle I and 83% in Cycle II respectively. 2) The learning result of the students for each competency as also improves. Prior to the treatment, the attitude competency of the students is 80%. Following the treatment it becomes 90% in Cycle I and 97% in Cycle II. In addition, prior to the treatment, the skill competency of the students is 42%. Following the treatment, it becomes 61% in Cycle I and 94% in Cycle II respectively. Thus, it can be concluded that the application of the ARIAS learning strategy integrated with the active learning of learning tournament can improve the learning activeness and the learning achievement in Accounting of the students in Grade X of Accounting 2 of State Vocational High School 3 of Surakarta in Academic Year 2013/2014.

Keywords:      Learning activeness, learning result, ARIAS, and learning tournament.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.