Announcements

Pedoman Penulisan untuk Jupe - Jurnal Pendidikan Ekonomi

 

1. Jupe menerbitkan secara on-line kajian ilmiah dan hasil penelitian mahasiswa secara mandiri ataupun kerjasama dengan dosen/peneliti tentang bidangnpendidikan ekonomi yang mengakomodir pendidikan ekonomi, pendidikan akuntansi, pendidikan tata niaga dan pendidikan administrasi perkantoran. Kesemuanya memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan ekonomi.

2. Pendidikan ekonomi sebagai muatan utama dipahami sebagai kegiatan proses pembelajaran untuk pengembangan sektor ekonomi individu dan masyarakat, dalam setting terbatas maupun luas di praktek pendidikan formal maupun informal, persekolahan, dunia usaha atau industri, profit maupun non profit di wilayah institusi/perkantoran maupun masyarakat secara luas.

3. Artikel jurnal merupakan hasil karya sendiri, belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain sebelumnya. Artikel yang pernah disajikan dalam suatu forum, misalnya seminar minimal yang ber-scope nasional.

4. Penulisan naskah :

  • menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar.
  • Panjang naskah antara 10 – 15 halaman,
  • format artikel kolom dua (2) kecuali abstrak,  spacing antar kolom 0,7
  • kertas ukuran A4, diketik 1,5 spasi,
  • All Margin 2,5 cm, 
  • program Windows Microsoft Word tahun 2003 ke atas, tipe huruf Times New Roman, font size 12.

 5. Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut.

  1. Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimum 13 kata, dan harus mencerminkan substansi kependidikan ekonomi yang diuraikan pada batang tubuh artikel.
  2. Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, letaknya di bawah judul; penulis dapat individu atau tim dan semua penulis dicantumkan, karya skripsi mengikutkan nama pembimbingnya.
  3. Instansi dan Alamat Penulis: ditulis nama instansi tempat penulis berasal dan alamat e-mail yang letaknya di bawah nama penulis, dengan spasi 1.
  4. Abstrak: ditulis dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris, satu alenia yang panjangnya antara 100-120 kata. Abstrak artikel kajian ilmiah terdiri dari permasalahan dan inti pembahasan secara substansial, sedangkan artikel hasil penelitian terdiri dari tujuan, metode, dan hasil dengan spasi 1.
  5. Kata Kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, maksimal 4 kata /istilah dan ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak miring-tebal.
  6. Batang Tubuh Artikel: (i) Artikel kajian ilmiah terdiri atas pendahuluan yang berisi permasalahan dan kerangka pikir atau kerangka analisis, sub-subjudul yang berisi pembahasan, dan kesimpulan. (ii) Artikel hasil penelitian terdiri atas pendahuluan yang memuat latar belakang masalah, metode, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan. Numbering ditulis masuk dalam paragraf, tabulasi tanpa garis vertikal maksimal 2, gambar bagan 1.
  7. Ucapan Terima Kasih: ditujukan kepada berbagai pihak yang yang membantu penulisan, misalnya sponsor penelitian/ penanggung jawab sumber kegiatan ilmiah tersebut serta segenap redaksi JUPE
  8. Halaman pertama pada header tulis ditengah : JUPE UNS, Vol......No....Hal ....s/d.....--- Nama penulis__ judul ((miring) |bulan, tahun.

    Contoh :

    Jupe UNS, Vol 1, No 1, Hal 01 s/d 10

    Nur Faizah, Wahyu Adi dan Sri Sumaryati_ Sikap Sosial dan Kinerja Guru Yang Gagal Menempuh Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (Study Kasus di Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga | Mei, 2013

  9. Halaman kedua (dst yang genap) pada header tulis rata kiri  : no.halaman | JUPE UNS, Vol......No....| Nama penulis.

    Contoh :

    02 | Jupe UNS, Vol 1, No 1 | Nur Faizah, Wahyu Adi dan Sri Sumaryati

  10. Halaman ketiga (dst  yang ganjil) pada header tulis rata kanan : Nama penulis__ judul ((miring), JUPE UNS_Vol..., No....  | no. Halaman.

    Contoh :

    Nur Faizah, Wahyu Adi dan Sri Sumaryati_Sikap Sosial dan Kinerja Guru Yang Gagal Menempuh Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (Study Kasus di Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga, JUPE UNS_Vol 1, No 1  | 03 

  11. Daftar Pustaka: sumber primer (dari jurnal) dan buku, artikel ilmiah, internet hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk di dalam batang tubuh artikel. (nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus sesuai di dalam daftar pustaka). Daftar pustaka tidak boleh memuat karya penulis sendiri.  Berikut adalah aturan  penulisan daftar pustaka dari beberapa jenis sumber.
  • Jurnal: nama pengarang, tahun, judul artikel (di antara dua tanda kutip), nama jurnal (cetak miring), volume, nomor, dan halaman.
  • Buku: nama pengarang (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri), tahun, judul buku (cetak miring), kota penerbit, dan penerbit.
  • Buku yang terdiri dari kumpulan artikel dengan banyak pengarang; nama penulis, tahun, judul artikel (diantara dua kutip), nama editor diikuti tanda; (eds), judul buku (cetak miring), kota penerbit, dan penerbit.
  • Internet: pengarang, tahun, judul artikel, alamat situs, dan tanggal mengunduh.

 

6. Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel hanya menyebutkan nama belakang pengarang, tahun, dan halaman.

7. Sumber Pustaka yang penulis kedua/rujukan penulis  sedapat mungkin dihindari. Misalnya: Menurut Widodo (lewat Hasan, 2013:77).

8. Untuk Civitas UNS, Artikel dikirim langsung ke Kantor Pendidikan Ekonomi, FKIP UNS Gedung B Lantai 2, Jl. Ir. Sutami No. 36A Surakarta Telp. (0271) 648939 Ekst. 136, Fax FKIP (0271) 648939, 669124.

9. Untuk dari luar UNS, Artikel dikirim lewat pos/paket ke alamat di atas, juga email ke : jupe@uns.ac.id dan konfirmasi di 081393700891 .

10. Artikel yang masuk ke meja redaksi dibaca dan direkomendasikan oleh mitra bestari atau dosen pembimbing, serta direviu dan diseleksi oleh redaktur JUPE. Artikel dapat diterima tanpa perbaikan, diterima dengan perbaikan, atau ditolak.

 
Posted: 2013-04-09