candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA SISWA KELAS X-AK1 JURUSAN AKUNTANSI SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Nurhayati -, Sigit Santoso, Nurhasan Hamidi

Abstract


ABSTRAK

Nurhayati. UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA SISWA KELAS X-AK1 JURUSAN AKUNTANSISMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2014.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas X-AK1 SMK Batik 2 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran learning cyclelearning cycle.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-AK1 SMK Batik 2 Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis ssecara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi. Peningkatan terjadi pada siklus I, walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan keaktifan siswa meningkat dengan kualifikasi sangat baik dan hasil belajar siswa mencapai kualifikasi sangat tinggi.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas X-AK1 SMK Batik 2 Surakarta.

Kata kunci: learning cycle, keaktifan, hasil belajar.


ABSTRACT

Nurhayati. THE EFFORTS TO IMPROVE ACTIVENESS AND THE LEARNING RESULT OF ACCOUNTANCY THROUGH LEARNING CYCLE MODEL FOR GRADE X-AK1 ACCOUNTANCY OF COURSE STUDENTS OF SMK BATIK 2 SURAKARTA IN ACADEMIC YEAR 2013/2014. Minor Thesis, Teachers Training and Education Faculty. Sebelas Maret University of Surakarta. June 2014.


The purposes of the research to improve activeness and learning result of accountancy at grade X-AK1 student of SMK Batik 2 Surakarta by applying learning cycle 5E model.

This research uses Classroom Action Research (CAR). The research conducted in two cycles with each cycle consist of planning, performing action, doing observation, and reflecting. The subject of this research are the students of grade X-AK1 student of SMK Batik 2 Surakarta that consist of 30 students. The data source from student, teacher and document. The data collected by doing observation, test, documentation and interview. The technique to the test validity of the data are triangulation of data sources and techniques. The data analyzed by using descriptive analysis and qualitative analysis.

The result of the research showed that by applying learning cycle model can improve the activeness and learning result of accountancy. The improvement happened in first cycle, eventhough it is not optimal yet. The performing of second cycle made both ofstudents’ activeness get very good qualification and students’ learning result reach very high qualification.

The research concludes that the applying of learning cycle model can improve the activeness and students’ learning result in accountancy for grade X-AK1 of SMK Batik 2 Surakarta.

Keyword: learning cycle, activeness, learning result.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.