candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INQUIRING MINDS WANT TO KNOW GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PAD SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MURNI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Eling Tri Lestari, - Sukirman, Nurhasan Hamidi

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar Akuntansi melalui model pembelajaranaktif Inquiring Minds Want To Knowpadasiswakelas X Akuntansi SMK Murni 2 Surakarta TahunAjaran 2012/2013.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Murni 2 Surakarta yang berjumlah 21 siswa.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase tingkat kemampuan afektif, psikomotorik, dan kognitif siswa. Rata-rata persentase tingkat kemampuan afektif siswa pada siklus I sebesar 69,29% menjadi 78,10% pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 8,81%. Persentase tingkat kemampuan psikomotorik siswa 70,24% pada siklus I menjadi 77,38% pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 7,14%. Rata-rata nilai tingkat kemampuan kognitif siswa 69,42 pada siklus I menjadi 77,90 pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 8,48. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran aktif Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi (baik proses maupun hasil). Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator penilaian kemampuan siswa yang mengalami peningkatan dari setiap siklusnya.

Kata kunci: pembelajaran aktif, Inquiring Minds Want To Know, prestasi belajar akuntansi.  

 

ABSTRACT

The objective of research was to find out whether or not there is an improvement of Accounting learning achievement through inquiring minds want to know type of active learning model in the X Accounting graders of SMK Murni 2 Surakarta in the school year of 2012/2013. This study employed a Classroom Action Research (CAR). The subject of research was the X Accounting graders of SMK Murni 2 Surakarta consisting of 21 students. The result of research showed the increased percentage of affective, psychomotor, and cognitive ability levels among the students. The mean percentage affective level was 69.29% in cycle I and 78.10% in cycle II, increasing by 8.81%. The mean percentage of psychomotor ability was 70.24% in cycle I and 77.38% in cycle II, increasing by 7.14%. The mean percentage of cognitive ability was 69.42% in cycle I and 77.90% in cycle II, increasing by 8.48%. Considering the research conducted, it could be concluded that the inquiring minds want to know type of active learning model use could improve the accounting learning achievement (either process or product). It was reflected on several indicators of student ability assessment improving in each cycle.

Keywords: active learning, inquiring minds want to know, accounting learning achievement.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.