candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE PEER ASSESSMENT

Ardita Adi Kusuma, Wahyu Adi, - Muhtar

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis peningkatan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkannya pendekatan kooperatif tipe Peer Assessment.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas, dan melibatkan partisipasi siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan interpretasi, dan 4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, alokasi waktu masing-masing pertemuan 4 x 45 menit.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar akuntansi melalui penggunaan metode Peer Assessment. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) kerjasama siswa dalam kelompok saat diskusi pada siklus I sebesar 55,56% atau 20 siswa meningkat menjadi 83,34% atau 30 siswa pada siklus II, (2) keaktifan siswa mengemukakan pendapat dalam diskusi kelompok pada siklus I sebesar 58,34% atau 21 siswa meningkat menjadi 86,12% atau 31 siswa pada siklus II, (3) keaktifan siswa mengajukan pertanyaan dalam diskusi kelompok pada siklus I sebesar 50,00% atau 18 siswa meningkat menjadi 80,56% atau 29 siswa pada siklus II, dan (4) kesungguhan siswa mengerjakan soal dalam diskusi kelompok sebesar 91,67% atau 33 siswa pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 94,45% atau 34 siswa.

Kata kunci: Diskusi kelompok, Mata Pelajaran Akuntansi, Peer Assessment, Prestasi belajar.

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to investigate and analyze increase student’s achievement in accounting at class XI IPS 4 SMA Negeri 1 Karanganyar 2012/2013 school year after implementing by using cooperative approach type of Peer Assessment method.

This research is a class action using the cycle strategy. The subjectof this research is a class XI student IS 4 SMA Negeri 1 Karanganyar which totaled 36 students. This research was carried out with collaboration between researchers, classroom teachers and involve student participation. Technique of data collecting is done by testing, observation, documentation, and interviews. The research process was conducted in two cycles, each cycle consisting of four stages: (1) plannning action, (2) implementation of the action, (3) observation and interpretation, and (4) analysis and reflection. Each cycle carried out in 3 meetings, allocation of time of each meeting of 4 x 45 minutes.

Based on research that has been done, it can be concluded that there is increase in accounting student’s learning outcomes through the use of Peer Assessment. This is reflected by several indicators as follows: (1) cooperation of students in the group during the discussion on the first cycle of 55.56% or 20 students increase to 83.34% or 30 students in the second cycle, (2) activity of students expressed their opinions in the first cycle of 58.34% or 21 students increase to 86.12% or 31 students in the second cycle, (3) active students ask questions in a discussion group on the first cycle of 50.00% or 18 students increase to 80.56% or 29 students in the second cycle, and (4) the seriousness of students work on the problems in group discussions by 91.67% or 33 students in the first cycle and the second cycle increase to 94.45% or 34 students.

Keywords: Group discussion, Accounting Subjects, Peer Assessment, Learning Achievement.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.