candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI DI SMK NEGERI 3 SURAKARTA

Septiana Tri Cahyani, Sri Witurachmi, - Sohidin

Abstract


Abstrak : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi tunggal terpancang. Penentuan sampel menggunakan sampling yang bertujuan. Sumber data yang digunakan adalah responden (narasumber), sumber tertulis, sumber tempat dan peristiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran produktif akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta sudah berjalan cukup baik dengan memasukkan 18 nilai karakter ke dalam perangkat pembelajaran (Silabus dan RPP). Akan tetapi belum terdapat fokus pengembangan kerakter teknisi akuntansi junior berupa tindakan khusus yang diperintahkan dan diteladani oleh guru kepada siswa. Terdapat beberapa hambatan dan upaya dalam kegiatan implementasi.

Kata kunci: pendidikan karakter, mata pelajaran produktif akuntansi, Sekolah Menengah

Kejuruan, teknisi akuntansi junior.

Abstract: This research was a qualitative descriptive study with a single strategy rooted. The samples in this study used purposive sampling. Source of data used is the respondent (informant), written sources, the source places and events. Data collection techniques used were interviews, observation, and document analysis. The validity of the triangulation of data sources and triangulation methods. While the data analysis technique used is an interactive model of analysis techniques. The results showed that the implementation of character education in the accounting productive subject in vocational high school 3 surakarta has been going pretty well with insert 18 value characters into the learning devices (Syllabus and RPP). However, there has not been the focus of development in the specific form of  junior technician accounting character's in real action which commanded and exemplified by the teacher to the student. There are several obstacles and effort in implementation.

Keywords: character education, accounting productive subject, vocational high school,

junior accounting technician.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.