candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TIPE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Sukma Wijayanti, Wahyu Adi, Elvia Ivada

Abstract


ABSTRAK

Tujuan pendelitian ini adalah untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran akuntansi dengan menerapkan pendekatan Quantum Learning tipe Brainstorming. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Paket C SKB Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2012/ 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan tes. Data yang dikumpulkan tentang keefektifan pembelajaran yang ditinjau dari kepahaman (kognitif) dan sikap siswa (afektif) selama pembelajaran. Uji validitas wawancara dan observasi menggunakan triangulasi sedangkan uji validitas tes menggunakan validitas konstruk. Proses penelitian dilakukan dengan 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pendekatan Quantum Learning tipe Brainstorming dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran yang ditinjau dari hasil belajar siswa tuntas sebesar 63,63% dan sikap siswa selama pembelajaran positif sebesar 60,67%.

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to improve effectiveness accountancy learning to the C package program by applying the Quantum Learning approach using Brainstorming type. This research is a classroom action research which is designed into two cycles and each cycle consists of planning phase, implementation/ action phase, observation phase, evaluation phase, and also reflection. The subjects of this research are eleventh year students of SKB C package program in Magelang regency in academic year 2012/ 2013. The research data are collected in a form of information about the effectiveness of learning in terms of learning achievement (cognitive) and also students attitudes (affective) during learning activity. The data collection technique uses observation, interview, and test. The validity of qualitative data uses triangulation technique while the technique of validity test uses construct validity. The result of this research, the application of Quantum Learning approach using Brainstorming types can improve learning effectiveness in terms of students learning achievement completed by 63.63% and students’ attitudes during positive learning by 60,67%.

 

Keywords:C package program, quantum learning, effective

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.