candi borobudur kerajaan di indonesia

PELAKSANAAN PROGRAM MENUJU SUKSES UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA DI SMP 1 KUDUS TAHUN 2012/2013

AHMAD SISWOYO

Abstract


Hasil ujian nasional diperlukan untuk menentukan kelulusan peserta didik dan memetakan pencapaian kompetensi lulusan secara tepat pada sekolah/madrasah dan daerah, sebagai salah satu indikator pendidikan.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Menjelaskantentang program perencanaan  menuju sukses Ujian Nasional Bahasa Indonesia di SMP 1 Kudus 2. Menjelaskan tentang  pelaksanaan program menuju sukses Ujian Nasional Bahasa Indonesia tahun 2013. 3.  Menjelaskan evaluasi tentang  pelaksanaan program menuju sukses Ujian Nasional Bahasa Indonesia di SMP 1 Kudus. 4. Menjelaskan tentang  hambatan-hambatan pelaksanaan program menuju sukses Ujian Nasional Bahasa Indonesia di SMP 1 Kudus.

Metode: Dalam penelitian ini jenis penelitian  adalah penelitian diskriptik kualitatif yang menghasilkan data deskriptik dengan menggambarkan perilaku subjek yang diteliti. Alat pengambil data penelitian ini adalah angket, wawancara  dan data hasil ujian nasional Bahasa Indonesia tiga tahun terakhir. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model interactive Miles and Huberman.  Pembahasan dilakukan dengan melihat  program menuju sukses Ujian Nasional yaitu melihat perencanaan dan  pelaksanaan program peningkatan nilai Ujian Nasional Bahasa Indonesia di SMP 1 Kudus, dituangkan dalam bentuk KTSP dan Program khusus. Perencaanaan dan pelaksanaan program khusus berupa program pelaksanaan peningkatan nilai ujian Bahasa Indonesia melalui sebelas langkah, yaitu: 1. sosialisasi Ujian Nasional kepada orang tua siswa 2. dialog dengan orang tua siswa 3. Les sore  4. Try Out Ujian Nasional  5. Les desperitas  6. Metode Belajar Teman Sebaya 7. Klinik akademis 8. Penambahan jam Pelajaran untuk mata pelajaran  Ujian Nasional  9. Pembuatan soal yang esensial 10. Peran Guru Bimbingan dan Konseling  11. Memotivasi Anak.

Hasil: Hasil ujian Nasional 1 tahun terakhir, jika dilihat dari nilai rerata nasional Bahasa Indonesia, maka nilai Ujian Akhir  Bahasa Indonesia di SMP 1 Kudus 8.84 masih diatas rerata nasional 6.93.

 

Kata Kunci:  Ujian Nasional, les desperitas, belajar teman sebaya, klinik akademis


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.