candi borobudur kerajaan di indonesia

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA METODE TPS DAN TSTS PADA PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN

Rahayu Dwi Kusumawati, Sigit Santoso, Nurhasan Hamidi

Abstract


ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dalam pencapaian prestasi belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan metode Think Pair Share dengan metode yang menggunakan Two Stay Two Stray.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonrandomized Control-Group, Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Pemasaran dan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 99 siswa yang dipilih secara random sampling.

Data penelitian ini berupa prestasi belajar pengantar akuntansi dan keuangan yang diperoleh dari tes objektif berbentuk pilihan ganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas metode Lilliefors yang digunakan untuk menguji keadaan distribusi sampel dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Uji hipotesis menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa.

Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan dalam pencapaian prestasi belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan metode Think Pair Share dengan metode yang menggunakan Two Stay Two Stray, hal ini didasarkan pada analisis uji t diperoleh nilai thitung = 2,026 > ttabel= 1,960 pada taraf signifikansi 5%. Namun apabila dilihat dari presentase peningkatan prestasi belajar siswa, metode Think Pair Share 8,394% lebih baik dibandingkan dengan model Two Stay Two Stray. Metode Think Pair Share mampu meningkatkan prestasi siswa sebesar 29,196%, sedangkan metode Two Stay Two Stray mampu meningkatkan 20,802%.

Kata kunci: Think Pair Share, Two Stay Two Stray, prestasi belajar, kelas kontrol

 

ABSTRACT


The objective of this research is to investigate the difference in the student’s learning achievement between learning that used the Think Pair Share and Two Stay Two Stray method.

This research includes experiment research (Quasi Experimental Design) with Nonrandomized Control-Group, Pretest-Posttest Design. The populations of this research are 10th grade students of the Marketing expertise skill program and Office Management of State Vocational Secondary School 1 of Banyudono in academic year 2014/2015. The sample of this research consists of 3 classes which amounted to 99 students, that is chosen at random sampling.

The data of this research is the learning achievement of Accounting Introductory and Finance that is gotten by objective test. It is multiple choice. The data analysis in this research uses normality test Lilliefors method that is used for examine the sample distribution and homogeneity test uses Bartlett method. Hypothesis test uses t-test to investigate the difference of the students’ learning achievement.

The result of this research is there is a different among the student’s learning achievement between learning uses Think Pair Share method and Two Stay Two Stray method. It is based on t-test analysis, we find that tcount= 2,026 >ttable= 1,960 at the significance level of 5%. But, when we see it from the student’s achievement percentage, Think Pair Share method is 8,394% better than Two Stay Two Stray method. Think Pair Share method can improve the student’s learning achievement as big as 29,196% while, Two Stay Two Stray can improve 20,802%.

Key words: Think Pair Share, Two Stay Two Stray, learning achievement, control class


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

ISSN: 2503-4693