candi borobudur kerajaan di indonesia

KOMPETENSI GURU AKUNTANSI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2015

Anik Lestari, Sri Witurachmi, Elvia Ivada

Abstract


ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru akuntansi dalam melaksanakan pembelajaran di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo, mengetahui upaya yang dilakukan guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo dalam mengembangkan kompetensi guru, serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo dalam upaya mengembangkan kompetensi guru.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo memenuhi dan menerapkan kompetensi pedagogik, keperibadian, sosial, dan profesional dalam kegiatan pembelajaran.

Simpulan penelitian ini adalah semua guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo memenuhi dan menerapkan kompetensi pedagogik, keperibadian, sosial, dan profesional dalam kegiatan pembelajaran. Upaya pengembangan kompetensi yang telah dilakukan oleh guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang telah ditentukan lembaga terkait (kemendikbud), akan tetapi pelaksanaan upaya pengembangan yang dilakukan belum maksimal. Kendala yang dihadapi oleh guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo dalam mengembangkan kompetensi guru utamanya adalah permasalahan dana. Selain itu terdapat kendala lain yang perlu diperhatikan juga yaitu kesadaran diri dari setiap guru, dukungan dari berbagai pihak, dan kesempatan yang jarang sehingga tidak semua guru dapat mengikuti pengembangan kompetensi.

Kata kunci: kompetensi, guru akuntansi, kompetensi guru

 

ABSTRACT


There are three purposes in this research. First, to know the competence of accounting teachers in Vocational High School in Sukoharjo that implemented in learning. Second, to know the actions taken by the accounting teachers to develop or increase teacher competencies. Third, to understand what the problems are faced by the accounting teachers in their actions to develop or increase the teacher competencies.

This is a qualitative research. The subject of this research is the accounting teachers in Vocational High School in Sukoharjo Regency. The data sources are used in this research are informan, place or location, documentations, and archieves. This study employed triangulation validity test while, interactive analysis is used to do an analytical test.

The result show that competencies, which are paedagogic, social, professional, and personality are already applied by the accounting teachers in their learning activities. As general, all the accounting teacher in Vocational High School in Sukoharjo Regency meet and implement the paedagogic, social, professional, and personality competencies in the learning experience. Effort to develop competencies that has been done by the accounting teachers in Vocational High School in Sukoharjo Regency is by doing activities that already determined by related intitutions which is Education Ministry. However, those effort are not optimal. Main problem faced by the accounting teachers in developing competencies is founding. In addition, there are other obstances which need attention which are teacher’s self awarness, support from various parties, time and opportunities. So, teacher can not follow those development programs effectively.

Key Words: Competence, Accounting Teacher, Teacher Competence


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

ISSN: 2503-4693