candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU POHON PINTAR

Riza Rahma Pratiwi, Sri Witurachmi, Jaryanto .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatkan keaktifan belajar siswa me-lalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu pohon pintar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Edelweiss* sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menun-jukkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu pohon pintar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 20,22%, kondisi awal 46,88% meningkat menjadi 67,10%. Peningkatan keakti-fan belajar pada siklus II sebesar 37,23% dari kondisi awal 46,88% meningkat menjadi 84,11%. Persen-tase keaktifan belajar siswa dalam kategori aktif dan sangat aktif pada siklus II telah mencapai persentase indikator kinerja penelitian yaitu sebesar 88,89%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

ISSN: 2503-4693