candi borobudur kerajaan di indonesia

STRATEGI GURU DALAM MENCAPAI PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Annas Abdurrahman

Sari


ABSTRAK

Annas Kuncoro Abdurrahman. K8411009. “STRATEGI GURU DALAM MENCAPAI PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Desember 2016.

 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) makna profesionalisme bagi guru di SMA Negeri 3 Boyolali; (2) upaya guru dalam mewujudkan profesionalisme guru di SMA Negeri 3 Boyolali.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data berasal dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan sembilan informan, yang terdiri dari dua guru mata pelajaran sejarah yang telah memperoleh sertifikasi dan dua guru mata pelajaran sosiologi yang akan mengikuti sertifikasi. Informan lainnya adalah tiga peserta didik kelas X IPS dan dua peserta didik kelas XI IPS. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan informan dengan cara purposive sampling. Dalam melakukan uji validitas data, yang dilakukan yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan data (verifikasi data).

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Makna profesionalisme bagi guru di SMA Negeri 3 Boyolali adalah (a) Sertifikasi hanya sebagai bukti formal sebagai guru yang profesional, (b) Motivasi guru untuk memperoleh sertifikasi bepengaruh terhadap kinerja guru setelah sertifikasi, (c) Peserta didik menjadi salah satu indikator prefesional seorang guru; (2) Upaya guru dalam mewujudkan profesionalisme guru di SMA Negeri 3 Boyolali adalah (a) menguasai kompetensi pedagogik, (b) menguasai metode pembelajaran, (c) pemanfaatan media pembelajaran.

Kesimpulan penelitian ini adalah realisasi profesionalisme guru di SMA Negeri 3 Boyolali belum dapat terwujud sepenuhnya, masih terdapat guru yang tidak menjalankan kinerja sebagai guru dengan baik dan benar. Ini membuktikan bahwa sertifikasi hanya merupakan tahapan untuk mewujudkan profesionalisme guru. Sedangkan tahapan akhir untuk mewujudkan profesionalisme guru adalah “aktualisasi diri” seperti yang diungkapkan Maslow dalam konsep teori hierarki kebutuhan manusia.

 

Kata Kunci          : Konsep Teori Motivasi Manusia, Profesionalisme

Guru, Abraham Harold Maslow.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.