candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KONSEP DISTINCTION PIERRE BOURDIEU DALAM PEMILIHAN SEKOLAH BERLABEL ISLAM DI SURAKARTA

Dyah Kartikawati

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan keberadaan sekolah berlabel Islam di Surakarta, mendeskripsikan sudut pandang masyarakat dalam memaknai sekolah berlabel Islam, dan menjelaskan pembedaan kelas dalam masyarakat yang tercipta melalui pemilihan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Nur Hidayah dan Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus Surakarta.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Wawancara mendalam dilakukan dengan informan kunci yaitu orang tua murid beberapa sekolah berlabel Islam di Surakarta dan informan pendukung ialah pihak sekolah dan yayasan. Dokumentasi berupa dokumen tulisan yaitu data perkembangan sekolah di Surakarta dari BPS Jawa Tengah tahun 2014, hasil angket wawancara terbuka dengan beberapa orang tua murid sekolah berlabel Islam, dan foto-foto yang diambil selama proses penelitian. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan snowball sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data fenomenologis yang terdiri dari pengelompokkan data, pengurangan data yang tidak penting, memfokuskan pada tema penelitian, analisis tema penelitian, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yaitu perkembangan sekolah berlabel Islam di Surakarta pada saat ini sudah cukup pesat, baik dari segi jumlah maupun prestasi. Masyarakat Surakarta memaknai sekolah berlabel Islam sebagai arena pelepasan tanggung jawab orang tua dalam pengasuhan dan pengawasan proses belajar anak. Sekolah berlabel Islam juga dimaknai sebagai arena kekuatan bagi orang tua untuk menaikkan ataupun mempertahankan posisi sosialnya di masyarakat. Dalam pemilihan sekolah berlabel Islam berkaitan erat dengan selera. Tidak sedikit orang tua murid yang menyekolahkan anak-anaknya di sekolah berlabel Islam atas dasar prestise. Sekolah berlabel Islam dimanfaatkan oleh para orang tua murid untuk menaikkan ataupun mempertahankan posisi sosialnya di masyarakat.

 

Kata kunci : Ranah Pendidikan, Pembedaan, Selera

 



Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.