candi borobudur kerajaan di indonesia

MOTIVASI SISWA SMA MENGIKUTI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DI KOTA SURAKARTA

Fattah Widodo

Sari


ABSTRAK

Fattah Widodo. K8412029. MOTIVASI SISWA SMA MENGIKUTI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DI KOTA SURAKARTA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2016.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui motivasi siswa mengikuti lembaga bimbingan belajar di luar sekolah.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan subjek penelitian dengan purposive sampling. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan wawancara terstruktur. Triangulasi sumber dan triangulasi metode digunakan untuk uji validitas data. Untuk analisis data menggunakan empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mengikuti lembaga bimbingan belajar di luar sekolah berasal dari diri siswa itu sendiri dan dorongan dari teman sebaya atau orang tua. Terkait dengan pemilihan lembaga bimbingan belajar GO sebagai lembaga bimbingan belajar yang diikuti oleh siswa merupakan pilihan rasional dari siswa. Dengan pilihan rasional siswa memilih lembaga bimbingan belajar GO untuk diikuti daripada lembaga bimbingan belajar lainnya yang ada di Kota Surakarta.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi dan pilihan rasional menentukan lembaga bimbingan belajar GO sebagai lembaga bimbingan belajar yang diikuti oleh siswa SMA di Kota Surakarta.

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pilihan Rasional, Lembaga Bimbingan Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.