candi borobudur kerajaan di indonesia

HEGEMONI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA

Widyantoro Nugroho

Sari


ABSTRAK

 

Widyantoro Adi Nugroho. K8412083. HEGEMONI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2016.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) alasan siswa memilih sebuah bimbingan belajar (2) dampak prestasi siswa yang sudah mengikuti lembaga bimbingan belajar.

 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnometodologi. Sumber data yang digunakan diperoleh dari informan, yaitu siswa SMA kelas X, XI, XII di Kota Surakarta. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi sumber digunakan dalam teknik validitas data. Untuk menganalisis data penelitian ini menggunakan empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya.

 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Alasan siswa memilih ikut lembaga bimbingan belajar sebagai tempat meningkatkan prestasinya, yaitu : (a) merasa nilai mata pelajarannya kurang sehingga membutuhkan bantuan untuk meningkatkan nilai mata pelajarannya. (b) saran dari orang tua yang merasa nilai anaknya kurang bagus. (c) ingin lulus UN dan masuk universitas ternama. Dari sini dapat diketahui bahwa alasan siswa mengikuti sebuah lembaga bimbingan belajar beragam, tidak terbatas pada keinginan untuk meningkatkan nilai mata pelajaran saja. 2) Dampak siswa yang sudah mengikuti lembaga bimbingan belajar : (a) nilai mata pelajaran UN meningkat tetapi nilai mata pelajaran non UN turun. (b) rata-rata nilai mata pelajaran meningkat. (c) mendapat rangking 10 besar kelas maupun sekolah. Lembaga bimbingan belajar boleh saja mengatakan membantu meningkatkan prestasi belajar siswa, namun pada akhirnya peran sekolah dan kemauan dari siswa sendiri yang akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa.

 

Kata Kunci    : Hegemoni, Lembaga Bimbingan Belajar, Prestasi Belajar, Siswa SMA.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.