candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN LKS SEBAGAI TINDAKAN RASIONALITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Kajian Fenomenologi di SMA N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016).

Tomi Adi

Sari


Abstrak

Tomi Wursito Adi. NIM K8411066 PENGGUNAAN LKS SEBAGAI TINDAKAN RASIONALITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Kajian Fenomenologi di SMA N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2016.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan guru menggunakan LKS dalam proses pembelajaran di kelas serta mengetahui dampak yang ditimbulkan dari penggunaan LKS tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA N 8 Surakarta.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data berasal dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan informan kunci yang terdiri dari 1 guru laki-laki dan 2 guru perempuan yang mengajar kelas XI IPS. Sedangkan informan pendukung terdiri 2 peserta didik kelas XI IPS. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan informan dengan cara purposive. Dalam melakukan uji validitas data, yang dilakukan yaitu dengan metode cara pengumpulan data triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, hasil yang didapatkan sebagai berikut: (1) LKS sebagai sumber utama dalam proses pembelajaan, (2) LKS dianggap lebih praktis dan lengkap dibandingkan buku paket, (3) Pembelajaran hanya bertumpu dan berbasis pada LKS, (4) Guru kurang inovatif dan malas dalam membuat soal, (5) Siswa menjadi tidak kritis. Pemilihan LKS  sebagai sumber utama dalam proses pembelajaran merupakan sebuah tindakan rasionalitas dari guru.

Kata kunci : Pembelajaran, LKS, Tindakan Rasionalitas

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.