candi borobudur kerajaan di indonesia

Implementasi Program Full Day School Dalam Pembentukan Karakter Anak Di SD Islam Terpadu Taruna Teladan Delanggu Tahun 2015/2016

Tika Nastiti

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi program full day school dalam pembentukan karakter anak. (2) Masalah implementasi program full day school dalam membentuk karakter anak. (3) Solusi atas masalah program full day school dalam membentuk karakter anak. Penelitian ini mengambil lokasi di SDIT Taruna Teladan Delanggu.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus untuk memperoleh pemahaman terkait penyelenggaraan program full day school dalam membentuk karakter anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi berpartisipasi aktif. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis interaktif yang meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.

 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Penyelenggraraan program full day school dalam pembentukan karakter anak dapat diimplementasikan melalui pendisiplinan yang diterapkan dalam pembiasaan, keteladanan, penguatan, dan fun learning. Dengan implementasi melalui cara tersebut, pembentukan good character anak di SDIT Taruna Teladan dapat tercapai.  (2) Masalah yang ditemukan dari implementasi program full day school dalam pembentukan karakter yaitu terhambatnya daya kritis anak saat penerapan disiplin yang terlalu ketat. (3) Solusi yang diterapkan atas masalah implementasi program full day school dalam pembentukan karakter yaitu dengan menerapkan pola pembelajaran fun learning agar anak tidak pasif dan lebih kritis. Jadi kesimpulannya, implementasi program full day school dalam pembentukan karakter anak di SDIT Taruna Teladan sudah sepenuhnya berhasil meskipun ditemukan masalah dalam pelaksanaannya. Namun dapat teratasi melalui solusi yang diterapkan dalam penyelenggaraan program full day school.

 

Kata kunci : Full day school,  implementasi, karakter


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.