candi borobudur kerajaan di indonesia

POLA PERILAKU SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 2 BOYOLALI) Muhammad Bagus Nugroho

MUHAMMAD NUGROHO

Sari



ABSTRAK

 

Muhammad Bagus Nugroho. K8411051. POLA PERILAKU SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 2 BOYOLALI). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. November 2015.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) bentuk perubahan perilaku siswa kelas XII selama akan menghadapi ujian nasional; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi  perilaku  siswa  XII ketika  akan mengahadapi  ujian  nasional; (3) peran orang tua  dan  instansi pendidikan dalam membentuk perilaku persiapan siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini informan diambil dari guru mata pelajaran ujian nasional, siswa kelas XII, orang tua siswa kelas XII. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perubahan perilaku siswa dalam menghadapi ujian nasional; 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pola perilaku siswa dalam menghadapi ujian nasional; 3) Peran orang tua dan instansi pendidikan dalam membentuk perilaku siswa kelas XII 4) Terdapat pola perilaku siswa dalam menghadapi ujian nasional tahun 2015 di SMA Negeri 2 Boyolali; 5) Terdapat komponen yang mempengaruhi terbentuknya perilaku siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional; 6) Adanya resolusi siswa kelas XII terhadap pemecahan masalah ketika menghadapi ujian nasional. Pola perilaku siswa ketika akan menghadapi ujian nasional dilihat berdasarkan aspek sosialisasi, aspek lingkungan dan aspek kelompok. Kemudian siswa dibagi menjadi 3 kategori yaitu siswa yang dengan motivasi tinggi dan memiliki fasilitas, siswa bermotivasi rendah minim fasilitas, dan siswa bermotivasi tinggi minim fasilitas.

Kata Kunci      : Perilaku, Siswa kelas XII, Menghadapi, Ujian Nasional.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.