candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPEMAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X-2 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Maria Angela

Sari


ABSTRAK

Maria Angela Mentari Januari. K84110044. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X-2 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2015.

Penilitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X-2 SMA N Kebakkramat dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X-2 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun pembelajaran 2014/2015. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunkan teknik analisis deskriptif kualitatif.

 Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam sosiologi. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada pra siklus dengan nilai rata-rata 67 meningkat menjadi 82 pada siklus I dan 90 pada siklus II.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didikkelas X-2 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun pembelajaran 2014/2015.

 

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Make a Match, Prestasi Belajar Peserta Didik.

 

 


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.