candi borobudur kerajaan di indonesia

Kontribusi Kerajinan Ramah Lingkungan Dalam Menunjang Keterampilan Pendidikan dan Pendapatan Masyarakat di Desa Salam Rejo Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo

Tri Lestari Wuri Handayani

Sari


Abstrak

Tri Lestari Wuri Handayani. K8408103. Kontribusi Kerajinan Serat Alam Dalam Menunjang Keterampilan Pendidikan Dan Pendapatan Masyarakat Di Desa Salam Rejo Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.Maret 2015.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah munculnya kerajinan ramah lingkungan, perkembangan kerajinan ramah lingkungan dan kontribusi kerajinan ramah lingkungan dalam menunjang pendidikan keterampilan dan pendapatan masyarakat yang ada di Desa Salamrejo.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif. Menggunakan sumber data yaitu sumber data primer, dan sekunder yang meliputi informan, peristiwa, atau aktivitas, dan tempat atau lokasi. Penelitian ini juga menggunakan teknik penggumpulan data yaitu wawancara mendalam, pengamatan langsung (observasi) dan studi pustaka. Menggunakan teknik cuplikan purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data. Kemudian teknik analisis data tahapannya meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan yang terakhir adalah verivikasi data atau penarikan kesimpulan. Selainitu penelitian ini juga menggunakan prosedur penelitian yang meliputi pertama persiapan, kedua pengumpulan data dan ketiga adalaha laporan penyusunan penelitian.

Hasil penelitian menunjukan bahwa awal mula terciptanya kerajinan ramah lingkungan adalah ide dari seorang warga masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupannya, dan mengajarkan pendidikan keterampilan serta membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatannya dan mensejahterakan kehidupan masyarakat.

Kesimpulan penelitian ini adalah terciptanya industri kerajinan ramah lingkungan di Desa Salamrejo memberikan pengaruh baik bagi masyarakat yaitu adanya keahlian pendidikan keterampilan pada masyarakat sehingga terciptanya lapangan pekerjaan yang akhirnya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Kata kunci : Kerajinan, keterampilan pendidikan dan pendapatan.


Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.