candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Aulia Dyah Asmarani

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Surakarta.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yakni kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 29 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Siklus I membahas materi tentang pengertian kelompok sosial, ciri – ciri dan faktor-faktor yang mempengaruhi kelompok sosial. Sedangkan siklus II membahas materi tentang hubungan antarkelompok dalam masyarakat. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi selama kegiatan pembelajaran sosiologi berlangsung dengan menggunakan lembar observasi keaktifan dan hasil belajar siswa, hasil tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dari lembar observasi di analisis dengan menghitung rata-rata dari aspek yang diamati.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi setelah dilakukan penerapan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) menunjukkan bahwa rata-rata seluruh aspek keaktifan dan hasil belajar mengalami peningkatan. Pada aspek keaktifan rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I yakni 13,72 kemudian pada siklus II sebesar 17,89 dengan peningkatan 4,17. Pada aspek afektif siklus I sebesar 12,27 kemudian siklus II sebesar 14,27 dengan peningkatan 2. Pada aspek psikomotorik siklus I sebesar 14,24 sedangkan siklus II sebesar 15,51 dengan peningkatan 1,27. Pada aspek kognitif pra siklus sebesar 63,79 kemudian meningkat menjadi 75,34 pada siklus I dengan peningkatan 11,55. Pada siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 4,83 menjadi 80,17.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT)dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran sosiologi pada siswa kelas XI IPS 1 SMAN 3 Surakarta.

 

Kata kunci: cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT),

Keaktifan belajar, Hasil belajar

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.