candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI NILAI KEDISIPLINAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI SMA N 7 SURAKARTA

Yudha Mahardhika

Sari


ABSTRAK

 

            Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran Dewan Ambalan, Pembina, Guru dan Kepala Sekolah dalam penanaman kedisiplinan siswa yang diterapkan di SMA N 7 Surakarta Surakarta melalui ekstrakulikuler Pramuka. (2) Mengetahui proses implementasi kedisiplinan dalam pendidikan karakter melalui ekstrakulikuler pramuka di SMA Negeri 7 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, arsip, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Validitas data menggunakan triangulasi data (sumber). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran yang dilaksanakan oleh kepala sekolah, guru, pembina, dan Dewan Ambalan sudah sesuai dengan pedoman penyelenggaraan ekstrakulikuler Pramuka dalam kurikulum 2013 dan Undang-Undang No.12 tahun 2010. (2) Implementasi nilai kedisiplinan melalui ekstrakulikuler Pramuka mengacu pada Tri Satya dan Dasa Darma yang diselenggarakan melalui tahap pengembangan program dan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, penilaian ekstrakulikuler dan evaluasi kegiatan ekstrakulikuler dengan menggunakan metode Kepramukaan.

 

Kata Kunci : implementasi, kedisiplinan, Pramuka

 



Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.