candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS TIPOLOGI ADAPTASI ROBERT K. MERTON DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK OLEH GURU DI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO

Bintang Wibowo

Sari


ABSTRACT

 

 

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan penekatan saintifik guru di SMAN 2 Sukogharjo, (2) mendiskripsikan analisisis tipologi adaptasi Robert K. Merton dalam penerapan pendekatan saintifik guru di SMAN 2 Sukoharjo.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan strategi studi kasus fenomenologi. Sumber data dari informan atau narasumber serta dokumen dan arsip. Tekhnik cuplikan menggunakan purposive. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi   langsung,   wawancara   mendalam   dan   dokumen.   Untuk validitas   data   menggunakan   trianggulasi   data   atau   sumber   dan triangulasi metode. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, pertama, bahwa dari  enam  guru   yang  diteliti  hanya  dua  guru   yang  menerapkan pendekatan saintifik dengan benar. Sedangkan empat guru lain tidak menerapkan pendekatan saintifik yang sesuai. Kedua,   dalam Tipe adaptasi menurut merton terdapat 5 tipe yaitu: comformity, innovation, ritualism, retreatism, dan rebellion. dari enam guru yang diteliti satu guru termasuk kedalam tipe adapatasi comformity, dua guru masuk kedalam  tipe  adaptasi  innovation,  satu  guru  masuk  kedalam  tipe adaptasi   ritualism,   dan   dua   guru   masuk   kedalam   tipe   adapatasi retreatism.

Kata kunci :pendekatan saintifik, tipologi adaptasi, guru


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.