candi borobudur kerajaan di indonesia

PANDANGAN SISWA TENTANG GANESHA OPERATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KOTA SURAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Siswa Kelas XII)

Novia Ardhanariswari

Sari


ABSTRAK

 

PANDANGAN SISWA TENTANG GANESHA OPERATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KOTA SURAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Siswa Kelas XII). Novia Ardhanariswari. K8412058. Dr. Zaini Rohmad, M.Pd, Dra. Siti Rochani, M.Pd. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2017.

 

Tujuan penelitian ini adalah, pertama untuk mengetahui pandangan siswa tentang Ganesha Operation dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kota Surakarta. Kedua, mengetahui hasil belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar di Ganesha Operation.

Penelitian ini adalah penelitian jenis kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data untuk mengetahui pandangan siswa tentang bimbingan belajar Ganesha Operation dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kota Surakarta menggunakan metode wawancaraterstruktur. Informan pada penelitian ini adalah siswa yang mengikuti bimbingan belajar di Ganesha Operation, selain itu peneliti juga melibatkan orang tua siswa untuk mengetahui kebenaran informasi yang disampaikan oleh siswa.

Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa siswa memandang Ganesha Operation sebagai lembaga bimbingan belajar yang paling diminati di Kota Surakarta, terbukti dengan adanya 14 unit yang tersebar di Kota Surakarta. Selain itu keberhasilan dan prestasi Ganesha Operation dalam meningkatkan hasil belajar siswa menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa. Metode belajar The King dianggap mampu memudahkan proses belajar siswa dalam mengingat materi pelajaran dan mengerjakan soal di sekolah.Hasil belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar di Ganesha Operation mengalami peningkatan. Hasil ujian nasional yang diperoleh sesuai dengan target, mencapai angka diatas 75. Semua informan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur undangan di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hal tersebut berkaitan dengan teori pilihan rasional Coleman. Dalam teori tersebut dijelaskan bahwa seorang individu memiliki tujuan dan alasan tertentu dalam bertindak. Segala sesuatu yang dipilih individu tersebut memiliki tujuan untuk mencapai kepuasan yang ada dalam diri individu itu sendiri. Ada dua unsur utama dalam teori Coleman yaitu aktor dan sumber daya. Siswa dianggap sebagai aktor yang mempunyai tujuan dan tindakan yang tertuju pada upaya pencapaian tujuan. Sedangkan Ganesha Operation dianggap sebagai sumber daya yang menarik perhatian siswa untuk bergabung dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Siswa memilih Ganesha Operation dianggap rasional karena bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar di sekolah.

Kata kunci : Siswa, Ganesha Operation, Hasil Belajar, Pilihan Rasional James S. Coleman


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.