candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMORI PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA CHEM PUZZLE

Yuliyanti Hana Pertiwi, Mohammad Masykuri, Sri Yamtinah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memori siswa pada penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Chem Puzzle. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas X8 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan memori pada penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Chem Puzzle. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan persentase siswa dengan kemampuan memori tinggi pada siklus I sebesar 51,4% menjadi 68,6% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan memori pada penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Chem Puzzle.


Keywords


Kemampuan Memori; Teams Games Tournament (TGT); Chem Puzzle

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.