candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU TEMA EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN DAN KEMAMPUAN ANALISIS KELAS 7 E SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 SRAGEN

Muryanto Muryanto, Widha Sunarno, Ashadi Ashadi

Abstract


Pembelajaran sains terdiri dari materi yang berkaitan erat dengan lingkungan. Pengembangan bahan ajar yang relevan dengan kondisi lingkungan dan melatihkan meningkatkan kepedulian lingkungan dan kemampuan analisis diperlukan agar tertanam kebermaknaan dalam belajar. Belajar yang bermakna akan membuat siswa lebih mudah memahami konsep sehingga dapat memaksimalkan hasil belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil prosedur pengembangan modul ipa terpadu tema ekosistem dengan pendekatan jelajah alam sekitar, (2) kelayakan modul ipa terpadu tema ekosistem dengan pendekatan jelajah alam sekitar, dan (3) efektivitas modul ipa terpadu tema ekosistem dengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan model Four-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan (1974:5) yang telah dimodifikasi. Sampel pengembangan meliputi sampel validasi produk sejumlah 4 validator, sampel uji coba terbatas sejumlah 10 siswa, dan sampel uji coba lapangan sejumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan tes. Uji coba lapangan menggunakan one group pretest-posttes design. Data hasil belajar kognitif dihitung dengan gain ternormalisasi dan diuji dengan uji t dua sampel berpasangan, sedangkan hasil belajar psikomotorik dan afektif hanya dihitung persentase ketercapaiannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pengembangan modul ipa terpadu tema ekosistem dengan pendekatan jelajah alam sekitar menggunakan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi melalui tahapan pendifinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), penyebaran (Disseminate), (2) kelayakan modul pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan nilai 3,3 setelah dilakukan uji lapangan dan berkategori “Baik”, dan (3) pencapaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dalam kategori “Sedang”.


Keywords


pengembangan modul IPA terrpadu; Ekosistem; pendekatan jelajah alam sekitar; kepedulian lingkungan dan kemampuan analisis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.