candi borobudur kerajaan di indonesia

PELATIHAN GURU KIMIA SMA DALAM MENGEMBANGKAN TES JENIS TESTLET DAN PROFIL INDIVIDU UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS

Sri Yamtinah, Haryono Haryono, Bakti Mulyani, Ari Syahidul Shidiq

Abstract


Keterampilan Proses Sains adalah perangkat kemampuan kompleks yang biasa digunakan oleh para ilmuan dalam melakukan penyelidikan ilmiah ke dalam rangkaian proses pembelajaran. Untuk mengukur pengetahuan dan juga Keterampilan Proses Sains yang dimiliki peserta didik diperlukan suatu instrumen evaluasi yang dapat mengukur perkembangan proses berpikir peserta didik, mudah dalam segi penilaian dan dapat memberikan profil individu peserta didik. Instrumen Testlet yang merupakan suatu set item pertanyaan yang saling berkaitan dapat memberikan stimulus pada peserta didik, sehingga mampu mengukur perkembangan proses berpikir peserta didik dan dapat memberikan informasi profil individu peserta didik. Pendampingan, penyebarluasan, dan jajak pendapat tentang instrumen Testlet untuk mengukur Keterampilan Proses Sains disertai dengan aplikasi Profil Individu peserta didik ini dilakukan pada 43 orang guru Kimia SMA yang berasal dari Kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo. Hasil dari jajak pendapat yang menggunakan instrumen angket ini adalah sebanyak 100% guru menyatakan perlu melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa, sebanyak 36,9% menyatakan soal-soal yang selama ini diberikan belum mengarah pada Keterampilan Proses Sains, sebanyak 100% guru menyatakan perlu dilakukan pengembangan instrumen yang dapat mengukur Keterampilan Proses Sains, sebanyak 97,6% guru menyatakan soal bentuk Testlet dapat digunakan untuk mengukur Keterampilan Proses Sains, sebanyak 100% guru menyatakan bahwa profil individu dapat efektif memberikan informasi pemahaman peserta didik dan sebanyak 95,3% guru menyatakan profil individu layak diaplikasikan pada pembelajaran.


Keywords


Keterampilan Proses Sains; KPS; Testlet; Profil Individu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.