candi borobudur kerajaan di indonesia

KONSEPSI SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE SHARED KONSEP TEKANAN

Rahmi Faradisya Ekapti, Mochammad Ahied

Abstract


Pembelajaran IPA menurut kurikulum 2013 menekankan pembelajaran dengan keterpaduan. Pembelajaran IPA yang disajikan secara terpadu dapat mempermudah dan memotivasi peserta didik untuk mengenal, menerima, menyerap, dan memahami keterkaitan atau hubungan antara konsep pengetahuan dan nilai atau tindakan yang termuat dalam keterpaduan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana konsistensi konsepsi siswa SMP selama pembelajaran menggunakan pembelajaran IPA Terpadu tipe Shared untuk konsep tekanan. Metode penelitian yang digunakan adalah weak experiment dengan The One Group Pretest-Posttest Design. Rancangan ini digunakan karena peneliti tidak menggunakan kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan di salah satu kelas VIII di SMP Negeri di Kabupaten Gresik. Konsistensi konsep yang dilihat dikategorikan menjadi siswa yang paham konsep, tidak paham konsep, dan siswa yang mengalami miskonsepsi. Berdasarkan hasil uji McNemar, diperoleh harga rerata X2 dari semua subkonsep tekanan sebesar 31.14. Signifikansi dari harga X2 yang diperoleh dari rumus dalam uji McNemar dibandingkan dengan X2 yang ada di tabel harga kritis chi-kuadrat yaitu 5.02. Berdasarkan perhitungan, dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPA terpadu tipe shared dapat merubah secara signifikan konsistensi konsepsi siswa SMP untuk konsep tekanan dalam kurikulum 2013 kelas VIII karena X2hitung (31.14) > X2tabel  (5.02) dengan taraf kepercayaan α = 0,05.


Keywords


Kurikulum 2013; Konsistensi Konsep; Uji McNemar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.