EFEK PEMUSATAN DATA TERHADAP PARAMETER ITEM BERBASIS CLASICAL TEST THEORY (CTT)
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mencermati efek pemusatan data hasil analisis tes terhadap parameter item berbasis Clasical Test Theory (CTT). Metode penelitian yang digunakan metode eksplorasi, model penelitian yang digunakan penelitian psikometri. Data yang digunakan, pola respon siswa pada Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap mata pelajaran Fisika kelas XI SMA di Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Banyak sampel 1036. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis kuantitatif menggunakan program olah data komputer dari ITEMAN versi 3.00. Hasil penelitian, efek pemusatan data terhadap parameter item berbasis CTT dari data 1 ke data 2 yaitu nilai reliabilitas dari 0,879 menjadi 0,678 (menurun walaupun masih pada kriteria reliabel), nilai mean p dari 0,526 menjadi 0,681 (nilai rerata taraf kesukaran meningkat), nilai mean biserial dari 0,542 menjadi 0,374 (nilai rerata daya beda menurun, walaupun masih dalam kriteria baik), nilai mean dari 21,035 menjadi 27,230 (meningkat), median dari 21 menjadi 27, modus dari 15 menjadi 28. varians dari 61, 310 menjadi 21,706, simpangan baku bergeser dari 7,830 menjadi 4,659 (menurun, menunjukkan nilai variansnya menurut, atau standardeviasinya menurun, atau errornya mengecil). Kesimpulan dari hasil penelitian, jika ingin meningkatkan parameter reliabilitas tes, maka banyak sampel harus ditambah (bukan menambah item tes). Parameter taraf kesukaran akan meningkat jika skor hasil tes lebih memusat artinya variansnya atau simpangan bakunya kecil, walaupun akan berpengaruh pada nilai daya beda yang mengecil.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.