candi borobudur kerajaan di indonesia

PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU TENTANG PEMANFAATAN SITUS SANGIRAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR EVOLUSI

Alanindra Saputra, Maridi Maridi, Putri Agustina

Abstract


Sangiran merupakan salah satu situs arkeologi yang terletak di Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Sebagai laboratorium manusia purba, situs Sangiran memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar Evolusi bagi siswa sekolah menengah maupun bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa calon guru Biologi tentang pemanfaatan situs Sangiran sebagai sumber belajar Evolusi. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2015 di situs Sangiran. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan Biologi FKIP UNS yang mengikuti matakuliah Evolusi yang berjumlah 65 mahasiswa. Data persepsi mahasiswa diperoleh dari hasil analisis laporan hasil kunjungan setelah melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Situs Sangiran. Hasil analisis laporan kunjungan di Situs Sangiran menunjukkan bahwa 80% mahasiswa memahami isi dari situs Sangiran beserta sejarahnya. Persepsi mahasiswa tentang pemanfaatan Situs Sangiran sebagai sumber belajar evolusi bervariasi antara lain: (1) 80% mahasiswa menyatakan bahwa Situs Sangiran memberikan gambaran nyata sejarah penemuan fosil manusia purba di Jawa beserta stratigrafinya sehingga memperjelas apa yang diperoleh pada perkuliahan di kelas; (2) 70% mahasiswa menyatakan bahwa Situs Sangiran merupakan laboratorium manusia purba yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar evolusi secara langsung sehingga pembelajaran materi Evolusi menjadi lebih bermakna; serta (3) 80% mahasiswa berpendapat bahwa pembelajaran Evolusi dengan kunjungan langsung ke situs Sangiran merupakan pembelajaran kontekstual yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap proses evolusi. 


Keywords


situs arkeologi; Sangiran; persepsi mahasiswa calon guru; sumber belajar Evolusi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.