candi borobudur kerajaan di indonesia

PROFESIONALISME GURU DALAM MENANAMKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS IV A DI SDM 14 SURAKARTA

Ika Candra Sayekti, Arum Mawar Kinasih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: mengetahui penanaman keterampilan proses pada siswa kelas IV A di SD Muhammadiyah 14 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A di SD Muhammadiyah 14 Surakarta. Pada penelitian ini pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengamati penanaman proses melalui kegiatan pembelajaran IPA di kelas IV A di SD Muhammadiyah 14 Surakarta. Wawancara kualitatif terjadi ketika peneliti menanyakan berbagai pertanyaan terbuka berkaitan tentang rencana penanaman keterampilan proses kepada guru. Wawancara digunakan terkait perencanaan penanaman KPS dalam pembelajaran. Dokumentasi yang digunakan peneliti berupa RPP serta dokumen lainnya. Data yang diperoleh dilakukan validasi data. Validasi data dilakukan dengan metode triangulasi data. Aktivitas yang dilakukan dalam analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penanaman KPS pada siswa dimulai dari tahap perencanaan yang tertuang dalam RPP. Pada tahap perencanaan guru berencana menanamkan seluruh KPS dasar, yang meliputi keterampilan: mengobervasi, mengklasifikasi, mengukur, memprediksi, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan; (2) Pada tahap pelaksanaan penanaman KPS, tidak semua rencana terimplementasi.  Aspek KPS yang ditanamkan kepada siswa sebatas keterampilan mengobservasi, mengklasifikasi, dan mengkomunikasikan. Guru belum melakukan penilaian secara khusus terhadap KPS yang ditanamkan kepada siswa.


Keywords


keterampilan proses sains; sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.