candi borobudur kerajaan di indonesia

Efek Penggunaan Pembelajaran Inkuiri yang Berulang pada Proses Berpikir

Sri - Widoretno

Abstract


Inkuiri adalah model pembelajaran yang mengakomodasi research pada topik pelajaran, sedangkan researchdimulai dengan permasalahan atau pertanyaan yang diselesaikan lebih lanjut melalui proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui efek penggunaan model pembelajaran inkuiri yang telah digunakan secara berturut-turut, terhadap proses berpikir yang diukur dengan menghitung jumlah dan mengidentifikasi kualitas pertanyaan peserta didik di SMA. Metode penelitian menggunakan diskriptif kualitatif dengan memban-dingkan jumlah dan kualitas pertanyan di awal dan dia akhir setelah 3 kali berturutan menggunakan serangkaian aktivitas model pembelajaran inkuiri. Sampel menggunakan kelas X di SMA N 3 Surakarta. Hasil penelitian menunjukan, kuantitas pertanyaan yang bertambah belum dapat dipastikan sebagai proses berpikir yang lebih baik, karena merupakan bentuk partisipasi peserta didik yang lebih merata. Kualitas pertanyaan yang mengalami peningkatan pada fase orientasi dan pemecahan masalah, menunjukan sistematik proses pembelajaran inkuiri di semua fase belum berkaitan secara menyeluruh.  

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.